Perbedaan ban bias dan ban radial |
 |
Perbedaan
mendasar dari Ban Bias dan Radial terletak pada susunan benang yang
mengikat, berikut perbedaan detailnya sebagai berikut : |
Perbedaan ban bias dan ban radial Ban pada dasarnya diklasifikasikan ke dalam dua struktur sebagai berikut:
Struktur Bias
Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari
banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord
ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut
terhadap keliling lingkaran ban.
Struktur Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat
sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping
konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari
ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan
diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau
"Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya
dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini
juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.
Perbedaan ban pakai ban dalam dan tanpa ban dalam (tubeless) |
Tabel Indeks Beban dan Kapasitas Pembebanan |
Tabel indek beban adalah kode numerik yang menunjukkan kapasitas
maksimum pembebanan pada kecepatan tertentu, sesuai dengan spesifikasi
ban tersebut dalam standar, sampai dengan kecepatan 210 km/jam, bila
melebihi kecepatan 210 km/jam, kapasitas pembebanan maksimum harus
dikurangi sesuai dengan standar yang berlaku.
Simbol kecepatan adalah simbol (huruf alfabet) yang menunjukan batas
maksimum kecepatan sebuah ban yang dipacu dengan membawa beban yang
sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan dalam standar, selama 1
(satu) jam terus menerus.
0 comments:
Post a Comment